Search This Blog

HOME

Monday, December 30, 2013

10 Jenis Batu Permata Paling Bernilai Di Dunia.




Batu permata merupakan salah satu perhiasan termahal di dunia, memiliki bentuk yang unik dan sangat menarik membuatkan harganya sanagat mahal. Ada 10 jenis batu permata termahal di dunia yang beredar di pasaran, harganya ada yang sehingga beratus juta dan hanya mereka yang benar-benar kaya mampu membelinya.

Senarai nama dan jenis batu permata adalah seperti berikut dibawah.........

10. Jeremejevite.

Batu ini ditemukan oleh Pavel Vladimirovich Eremeev di daerah Siberia yang sebagian besar batu ini berwarna kuning dan biru. Namun seiring dengan kemajuan teknologi jenis batu permata ini juga banyak di temukan dengan warna putih yang berkilau. Daerah yang paling banyak menghasilkan batu ini adalah Namibia, Distrik Eifel di Jerman dan daerah Gunung Pamir di Tajikistan. Harga batu Jeremejevite adalah USD 2000 per karat.

9. Black Opal.


Batu Black Opal merupakan salah satu jenis batu permata yang paling banyak ditemukan di Australia. Australia merupakan negara terbesar penghasil batu ini, yakni hampir 97%  dari seluruh batu Opal di dunia. Struktur internal batu permata ini membuatnya lentur terhadap cahaya. Batu ini dapat terdiri dari berbagai warna yaitu coklat, abu-abu, biru, hijau, oranye, pink, merah, dan kuning. Dari berbagai warna tersebut Opal Hitam merupakan yang paling mahal diantara warna lain. Batu itu juga telah ditemukan di Brasil, Meksiko, Amerika Serikat, Mali dan Ethiopia.  Harga batu Black Opal adalah USD 2,355 / Karatnya.

8. Red Beryl Emerald.

Batu Red Beryl Emerald merupakan salah satu batu permata yang cukup terkenal di dunia, nama lain dari batu ini adalah bixbites. Batu ini ditemukan secara tidak sengaja oleh Lamar Hodges, seorang ahli mineral yang tengah mencari uranium. Batu ini memiliki harga USD 10,000/Karatnya.

7. Musgravite.

Batu permata ini ditemukan di daerah Australia yang mana daerah tersebut disebut Musgrave, batu ini mengandung mineral silikat. Batu ini cukup terkenal dan sangat jarang ditemukan di dunia, harga batu ini ditaksir sekitar USD 35,000 per karatnya.

6. Painite.

Jenis batu permata ini ditemukan tahun 1950 oleh Arthur C. Pain warga Inggris. Painite merupakan salah satu material borat terkenal yang sangat susah ditemukan. Umumnya batu ini memiliki bentuk segi enam dan memilih warna oren kemerahan dan coklat kemerahan. Walaupun terkenal, batu ini juga telah ditemukan di Burma. Harga batu ini adalah berkisar USD 50,000 – USD 60,000.

5. Grandidierite.

Grandidierite merupakan salah satu jenis batu yang ditemukan oleh Alfred Grandidier, seorang arkeolog yang melakukan penelitian sejarah di berbagai negara. Ia menemukan batu ini di Sri Lanka, sebuah batu langka yang mentransmisikan warna biru, hijau dan putih terang. Harga batu Grandidierite ditaksir sekitar USD100,000 / karatnya.

4. Blue Garnet.

Ada banyak garnet yang beredar di pasaran dengan beragam warna seperti merah, kuning, pink, oren, hijau, dan coklat. Namun Garnet biru merupakan salah satu jenis termahal di antara yang lainnya. Harga Blue Garnet ini lebih dari 1 Juta Dolar Amerika. Batu permata ini ditemukan pertama kali di Madagaskar pada 1990-an, meskipun sejak saat itu telah ditambang di Rusia, Amerika Serikat dan Turki juga merupakan negara yang memiliki batu ini.

3. Serendibite.

Serendibite dengan kualiti yang tinggi hanya berasal dari dua daerah iaitu Ratanapura di Sri Lanka dan Mogok di Burma utara. Warna Serendibite yang paling sering di temukan adalah hijau kebiruan, biru keabu-abuan, dan kuning. Harga dari Serendibite ini berkisar antara USD 1,800,000.

2. Red Diamonds.

Jenis batu permata ini sangat terkenal dan hanya ada beberapa di dunia. Warna dari Red Diamonds adalah merah keunguan, salah satu perusahaan tambang yang berlokasi di Australia hanya menemukan beberapa saja setiap tahunnya ini membuatkan harga Red Diamons mencapai lebih dari 2 Juta Dolar Amerika.

1. Jadeite.

Jadeite merupakan jenis batu permata termahal di dunia, Jadeite ini sebenarnya adalah mineral piroksen. Jadeite memiliki warna seperti apel hijau, zamrud hijau, hijau kebiruan atau daun bawang hijau. Semakin hijau warna dari batu ini, maka semakin tinggi pula harganya. Batu ini sangat langka, Guatemala merupakan salah satu negara penghasil dari Jadeite. Batu ini sangat terkenal menyebabkan harganya sangat tinggi lebih dari 3 juta, selain itu faktor sejarah juga menjadi penyebab batu ini sebagai batu termahal di dunia.

No comments:

Post a Comment